-
Masalah dari penjualan langsung,
yaitu:
Hanya dapat dilakukan pada konsumen yang sudah
menggunakan produk tersebut dan bukan untuk penarik pengguna baru
-
Masalah dari penjualan tidak
langsung, yaitu:
Peningkatan jumlah penjualan akan berlangsung
relatif lambat dikarenakan banyaknya pertimbangan yang dilakukan konsumen
sebelum membeli suatu produk
Para penjual harus memahami beberapa masalah
penting yang sangat berkaitan yaitu :
·
Jenis
dan Karakteristik barang yang akan ditawarkan
·
Harga
produk
·
Syarat
penjualan seperti : pembayaran, penghantaran, pelayanan purna jual dan
sebagainya
Masalah yang lainnya, yaitu:
a. Membuat konsumen jengkel, karena pada konsep
ini para produsen akan membujuk terus para konsumen untuk membeli produknya,
yang sebenarnya konsumen itu sendiri tidak butuh produk yang ditawarkan.
b. Modal yang tinggi, karena pada konsep ini
produsen sangat berorientasi pada promosi yang sangat agresif, oleh karena itu
diperlukan banyak alat2 untuk membuat brosur, spanduk, dan stand2 juga menggaji
SPG untuk membujuk konsumen supaya membeli produk yang dihasilkan yang pada
kenyataanya produk2 tersebut tidak begitu dibutuhkan oleh konsumen.
c. Konsumen merasa tidak puas, karena biasanya
konsumen tertipu pada brosur2 yang diperlihatkan dan tertipu pada bujukan2 SPG,
dan konsumen tidak akan kembali untuk membeli produk itu lagi dan sebenarnya
Tujuan Konsep Penjualan ini adalah menjual apa yang telah dihasilkan, bukannya
menghasilkan apa yang dibutuhkan oleh pasar.
d. Keuntungan yang minim, karena sebagian
penghasilan di alihkan untuk pembayaran alat2 promosi contohnya saja seperti
pengeluaran untuk pembuatan brosur, pikirkan saja, jika Perusahaan ini ingin
mempromosikannya se Indonesia, dalam 1 Propinsi saja bisa mencakup lebih dari
10 Daerah yang sudah maju, dan dalam setiap daerah itu diperlukan 5 atau lebih
SPG untuk mempromosikannya dan dengan perhitungan 1 SPG memegang 100 brosur
maka 500 lembar Brosur yang diperlukan hanya untuk satu daerah saja. belum lagi
satu Negara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar